1. Jahe

Rimpang jahe

jestemmegara.blogspot.com

Jahe mengandung enzim proteolitik atau protease yang dapat mengurai ikatan protein pada daging. Ketika protein di dalam daging terurai, maka daging akan menjadi lebih empuk.

Caranya gimana? Pertama parut dulu jahe, baru kemudian lumuri daging dengan parutan jahe dan diamkan selam 30 menit. Setelah 30 menit baru dh daging bisa kamu masak. Tapi ingat, biar nggak berasa banget jahenya, cuci dulu dagingnya sampai bersih.

2. Nanas

Buah Nanas

reps-id.com

Salah satu cara yang sudah lama dikenal dapat mengempukkan daging adalah dengan menggunakan nanas. Nanas mengandung enzim yang bernama bromelin, enzim ini juga dapat mengurai ikatan protein.

Kamu bisa mencampur potongan daging dengan parutan nanas, tapi jangan lama-lama ya. Soalnya, saya pernah punya pengalaman, ketika akan membuat sate, saya mencampurkan potongan daging dengan parutan nanas.

Ketika mendiamkan daging terlalu lama bersama dengan parutan nanas, dagingnya jadi bener-bener empuk ketika dipanggang. Bahkan, daging jadi tipis banget setelah matang, kebanyakan meleleh saat dipanggang.

3. Daun Pepaya

Daun Pepaya

cari-manfaat.com

Selain nanas, kamu juga bisa menggunakan daun pepaya untuk mengempukkan daging ketika dimasak nanti. Di dalam daun pepaya terdapat enzim papain yang dapat mengempukkan daging.

Cara menggunakan daun pepaya ini cukup mudah, kamu cuma meremas daun pepaya muda kemudian membungkus daging menggunakan daun pepaya tersebut. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, kemudian cuci sampai bersih lalu tiriskan.

Nah, itu tadi cara mengolah daging sapi yang baik biar jadi empuk. Setelah mencoba cara di atas, kamu bisa menggunakan daging sapi tersebut untuk membuat rendang lho. Selamat mencoba

Jangan lupa share ya kalau bermanfaat

http://masfikr.com/cara-mengolah-daging-sapi/


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Telepon
Whatsapp